Sudah Punya Dompet Digital?, Ini 5 Pilihan Aplikasi E-Money atau Dompet Digital.

Aplikasi E-Money di Indonesia berkembang pesat, layanan dan fitur yang tersedia semakin lengkap dan praktis. Aplikasi E-money berfungsi sebagai dompet digital untuk memudahkan penggunanya melakukan transaksi digital.

{getToc} $title={Table of Contents} 

Dompet digital sebagaimana fungsinya untuk menyimpan dana dan membelanja uang Anda yang sewaktu-waktu dapat digunakan untuk bertransksi secara digital. Sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan uang cash untuk membayar atau membeli produk. 



Apliasi E-money yang sudah diinstal di handphone kamu menjadinya lebih praktis. Kalian tidak perlu pergi ke bank atau ke ATM untuk melakukan transfer uang atau pembayaran untuk kebutuhan belanja online. 

Ada banyak beragam fitur yang ada pada Aplikasi E-money, untuk urusan pembelian pulsa dan data Internet hampir seluruhnya Aplikasi yang ada menyediakan fitur ini. Fitur lainnya yang secara umum dimiliki oleh Aplikasi E-money / Dompet digital pada umumnya seperti:

  1. Pembayaran Tagihan Listrik 
  2. Tagihan Air / PDAM
  3. Pembayaran Telepon Prabayar.
  4. Transfer Antar Bank
  5. Pembayaran BPJS
  6. Dll.

Kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengantri untuk urusan pembayaran. Dengan berbagai layanan yang ada, cukup lewat telephone genggam saja. 

Selain proses transaksinya yang cepat, pendaftarannya pun terbilang mudah dan gratis bisa dilakukan dimana saja dan tanpa dipungut biaya pendaftaran. Apa salahnya bila kalian mencobanya menginstal salah satu aplikasi berikut ini:

Berikut ini 5 Pilihan Aplikasi E-Money  / Dompet Digital yang ada di Indonesia :

1. LinkAja

LinkAja merupakan transformasi dari T-Cash milik operator seluler Telkomsel. LinkAja mulai menggantikan layanan tersebut sejak 21 Februari 2019 silam. FYI, LinkAja merupakan peleburan dari layanan keuangan elektronik yang dimiliki oleh berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Fitur LinkAja yang membedakan dari dompet digital pada umumnya yaitu dapat melakukan transaksi transfer ke Rekening Bank Virtual meskipun masih satu bank yaitu Rekening BRI Virtual atau BRIVA. Namun demikian dengan adanya fitur ini sudah dapat mewakili bila kamu ingin melakukan transaksi digital yang hanya menyediakan layanan rekening Virtual Bank saja. 

Dompet digital biasanya selalu bekerjasama dengan perusahaan yang berbeda layanan yang membutuhkan proses transaksi pembayaran. Karena hal ini dapat mempengaruhi perbedaan biaya Admin per-transaksi. LinkAja sendiri merupakan perusahaan BUMN sehingga untuk beberapa transaksi yang masih Badan Usaha Milik Negara sama sekali tidak ada biaya admin transaksinya gratis.

2. Gopay

Pengguna Go-Jek tentunya familier dengan digital payment satu ini. Karena berkaitan, maka layanan Go-Pay menjadi satu dengan aplikasi Go-Jek. Gak cuma dipakai untuk membayar layanan di aplikasi Go-Jek, mulai dari Go-Ride, Go-Car, Go-Food, Go-Send, dan lain sebagainya.

Buat kalian yang suka kuliner jajanan lokal aplikasi ini cocok sebagai pilihan pembayaran. Atau buat yang hobi traveling lokal naik ojol, bisa menjadi pilihan selain harga murah karena ada banyak promo yang ditawarkan.

Selain itu pembayaran Gopay sudah familiar dengan layanan google, salah satunya saldo Akun google kalian dapat dihubungkan dengan GoPay. Juga untuk pembelian Adsens bagi pengiklan facebook maupun google adsense jadi kalian ga perlu memiliki kartu debit / kredit untuk melakukan pembelian elektronik.

3. ShopeePay

Seperti yang kita tahu, Shopee merupakan salah satu marketplace yang paling banyak diminati di Indonesia. Hal tersebut pastinya juga sangat berpengaruh pada jumlah pengguna dompet digitalnya, yaitu ShopeePay.

ShopeePay tergolong ke dalam dompet digital yang sering sekali bakar-bakar duit. Berbagai promo menarik terus digoreng, mulai dari diskon, sampai cashback, banyak disediakan oleh e-wallet yang satu ini.

Hal tersebut menjadikan ShopeePay banyak sekali diminati oleh masyarakat, terutama para anak muda. Yang pasti, kamu akan mendapatkan voucher spesial jika membayar barang di Shopee dengan menggunakan ShopeePay ini. Voucher spesialnya bisa saja berupa gratis ongkir, ataupun yang lainnya.

4. OVO

Berbeda dari kebanyakan saingannya, OVO memiliki 2 jenis saldo. Yang pertama adalah OVO Cash, yang merupakan saldo yang diperoleh dari top up yang dilakukan pengguna. Saldo tersebut bisa digunakan untuk transaksi pembayaran berbagai merchant yang bekerja sama dengan OVO.

Dan yang kedua adalah OVO Points, yang merupakan loyalty rewards yang didapatkan pengguna setiap melakukan transaksi min. Rp10.000 di berbagai merchant rekanan OVO.

Disamping itu, kamu pun bisa menikmati berbagai layanan yang disediakan e-wallet ini. Seperti bayar tagihan, beli produk digital, dll. Apalagi jika akunmu sudah di upgrade ke OVO Premier, lebih banyak lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.
Apalagi OVO sudah menjalin kerja sama dengan Grab dan Tokopedia, sebagai e-wallet dari kedua startup besar tersebut. Wah, enak kan? Bayar layanan Grab pakai OVO, Balanja di Tokopedia pun bisa pakai OVO.

5. Dana

Mau belanja di Lazada dan Bukalapak? Atau belanja grosir di HappyFresh? Sekarang, bayarnya pakai DANA aja.

Meskipun belum terlalu populer dari yang lainnya, tapi DANA terbukti mampu memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya. Buktinya bisa kamu lihat di Play Store, aplikasi ini memiliki rating yang baik dengan total ulasan yang jumlahnya cukup banyak.

Yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih Dompet digital pilihan kamu, alokasi dana yang tersimpan untuk kebutuhan apa? Karena hal ini agar meminimalisir biaya admin dan supaya mendapatkan promo dari transaksi rutin tiap bulannya.

Karena kemudahan dan tawaran promo yang ditawarkan maka harus lebih bijak menggunakan aplikasi ini. Untuk beberapa Aplikasi Dompet Digital / E-money sudah menyediakan layanan investasi seperti reksadana jadi dompet digital atau E-money jangan hanya digunakan untuk kebutuhan pembelian saja. cobalah untuk berinvesatsi sehingga saldo yang tersimpan menjadi tabungan, investasi.

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

- taufiknh.my.id -

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال