Cara memasang chat facebook messenger di blog

Memiliki sebuah blog tidak terlepas dari peran para pengunjung atau pembaca blog. di era komunikasi dan teknologi sekarang ini tentu saja bagaimana pentingnya kita membangun komunikasi di antara kedua pihak. Dan hubungan ini harus terjalin oleh para pemilik blog atau sebuah website komersil. Maka perlu dipasang aplikasi chat seperti facebook messenger di blog atau website.
Cara memasang chat facebook messenger di blog

Tujuan dari aplikasi chat facebook messenger adalah membangun komunikasi dua arah untuk memberikan pelayanan, penyampaian informasi, serta masukan untuk kemajuan blog atau webssite. Dengan kata lain harus ada sarana, alat, aplikasi, yang mendukung komuinikasi antara pemilik blog / website dengan para pengunjung atau calon pembeli.

{getToc} $title={Daftar Isi} 

Sebuah website yang memberikan pelayanan komersil tentu saja memerlukan aplikasi semacam ini. sebagai contoh aplikasi yang menjual produk online biasanya memasang aplikasi chat yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai produk-produk yang terpasang di website.

Meskipun setiap website mencantumkan kontak email namun komunikasi dengan email ini tidak begitu efektif dalam hal tertentu. Aplikasi chat bisa juga sebagai layanan customer service sehingga komunikasi ini layaknya berkirim pesan pendek seperti SMS.

Jika kalian tertarik untuk memasang aplikasi chat semacam ini untuk dipasangkan di blog atau website kalian, silahkan coba dengan chat aplikasi messenger. berikut ini akan saya bagikan cara memasang aplikasi chat facebook messenger di blog.

Langkah-langkah cara memasang chat facebook messenger di blog sebagai berikut: 

#1 Masuk ke Pengaturan Halaman Facebook

Langkah pertama silahkan kalian masuk terlebih dulu ke halaman facebook kalian. Jika kalian belum memiliki halaman facebook silahkan baca artikel saya yang lain cara membuat halaman facebook. Namun jika kalian sudah memilikinya silahkan masuk ke halaman facebook yang sudah di buat sebelumnya.

Setelah di halaman facebook (fanspage) lalu klik bagian pengaturan, lalu klik lagi plaform messenger dan pada bagian plugin obrolan pelanggan klik "lompat ke bagian" seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
Masuk ke Pengaturan Halaman Facebook

#2 Menyiapkan Pengaturan Facebook Messenger

Pada tahap ini kalian cukup mengikuti langkah seperti gambar dibawah ini, dengan mengklik tombol yang saya lingkari warna biru. Silahkan klik "menyiapkan".

Sebelum itu masukkan juga URL blog atau website kalian ke dalam form "Domain dalam daftar putih" lalu klik  "menyiapkan"

Menyiapkan Pengaturan Facebook Messenger

Jika sudah maka akan muncul tampilan gambar berikut ini dan klik "selanjutnya"

#3 Mengisi Pengaturan Facebook Messenger

 Perhatikan gambar dibawah ini, Silahkan ganti bahasa menjadi "bahasa indonesia". Lalu klik "rubah" untuk merubah kalimat pembuka. seperti pada contoh misalnya:"Hallo, ada yang bisa saya bantu?" atau kalian gunakan kalimat kalian sendiri.
Mengisi Pengaturan Facebook Messenger

#4 Merubah icon warna chat facebook messenger

Perhatikan gambar dibawah ini, aktifkan dengan cara mengklik sehingga berubah menjadi "on" jika ingin merubah warna icon messenger di blog / website. Pilih warna sesuai selera pilihan kalian. Jika sudah dipilih warna nya beralih ke pengaturan berikutnya dengan cara meng-klik tombol "selanjutnya". seperti pada gambar di bawah ini.

#5 Copy Paste kode facebook Messenger

Perhatikan gambar di bawah ini,Silahkan klik simpan untuk menyimpan domain blog yang akan dipasang chat messenger setelah itu klik kodenya untuk di simpan kedalam blog / website kalian.
Copy Paste kode facebook Messenger

Copy kode tersebut dan simpat pada widget dalam format HTML. caranya masuk ke pengaturan "layout" pilih tambah Widget dan pilih "HTML" selanjutnya "paste" dan simpan.

Untuk merubah letak posisi icon tambahkan kode berikut ini dan letakkan di atas </style> atau ]]></b:skin> :

.fb_dialog, iframe.fb_customer_chat_bounce_in_v2, iframe.fb_customer_chat_bounce_out_v2 {
  right: 0px !important;
  left: 18px !important;
}


Jika langkahnya benar silahkan "simpan/save" dan lihat, Selamat blog kalian sudah memiliki chat facebook messenger sekarang. Jika ada kendala silahkan tanyakan tulis dikolom komentar. Terima kasih.

5 Comments

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

- taufiknh.my.id -

  1. TUMIQQ | BANDARQ | POKER | SAKONG | DOMINO | PERANG BACCARAT
    Siapa bilang Modal KECIL tidak bisa MENANG banyak?
    Hanya Dengan Modal Awal Deposit Rp.20.000,- Saja !!
    Anda bisa menang hingga PULUHAN JUTA!!
    :clubs: Deposit & Withdraw Minimal Rp. 20.000,
    :hearts: Deposit & Withdrawal Super Cepat
    :diamonds: 𝗕𝗼𝗻𝘂𝘀 𝗖𝗮𝘀𝗵𝗕𝗮𝗰𝗸 𝟬.3% 4 hari sekali
    :spades: 𝗕𝗼𝗻𝘂𝘀 𝗥𝗲𝗳𝗲𝗿𝗲𝗻𝘀𝗶 𝟮𝟬% Seumur Hidup
    :clubs: Customer Service Sopan & Ramah
    :hearts: Live Chat Responsif 24 jam
    :diamonds: Real Fair Play 100%
    :spades: Server Tercepat di Asia Tanpa Lelet
    JADI TUNGGU APA LAGI SEGERA BERGABUNG JADIKAN TUMIQQ SEBAGAI RUMAH KEBERUNTUNGAN KALIAN SEMUA 🥳
    WWW.TUMIQQ.NET
    WA : +855963771240

    ReplyDelete
  2. The automated conversation enables the company to deliver answers instantly and the best part is that it is available 24 x 7. Clients can converse through this system anytime and from anywhere as well.how to increase conversion rate

    ReplyDelete
  3. For individuals with Windows 7, Windows XP, Windows Vista, Windows, and Windows Server 2003 and 2008, they download Windows Live Messenger 9 to exploit the entirety of its essential usefulness and as of late refreshed highlights.
    707 mystic messenger

    ReplyDelete
  4. We are really grateful for your blog post. You will find a lot of approaches after visiting your post. I was exactly searching for. Thanks for such post and please keep it up. Great work. baixar whatsapp gb versão mais recente

    ReplyDelete
  5. Took me time to read all the comments, but I really enjoyed the article. It proved to be Very helpful to me and I am sure to all the commenters here! It’s always nice when you can not only be informed, but also entertained! download do whatsapp gb atualizado para iPad

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

نموذج الاتصال