Assalamualaikum Blog Pertama

Assalamualaikum Blog Pertama


Alhamdulillah Blog pertama saya. Semoga kita diberikan kesehatan dan kekuatan iman dan islam. Serta semoga kita semua selalu ada dalam lindungan Allah SWT. amiin.

Ini postingan pertama saya di web https://www.taufiknh.my.id yang baru saja dilaunching. Nama web ini di ambil dari nama saya sedangkan my.id adalah domain yang saya beli beberapa hari yang lalu. Domain ini cukup murah jika kalian ingin memiliki web sendiri dengan budget yang low saya sarankan untuk membeli .my.id atau juga web,id nya

Ini bukan pertama kali saya mengenal blog. sebelum-sebelumnya saya pernah diperkenalkan dengan blog. Selama ini saya hanya sebatas menggunakan blog tapi tidak pernah mendalaminya.

Pengalaman saya selama menggunakan blog banyak dihabiskan sesuatu yang kadang tidak ada hasilnya seperti mengganti tampilan template yang terlalu sering. Bongkar pasang template menjadi kebiasaan saya yang justru malah tidak fokus membangun sebuah blog dengan karya dan konten tulisan.

Blog yang sudah rapi dan komplit malah dihapus karena terlalu ramai. Harusnya setiap ilmu yang saya pelajari terdokumentasi di blog saya jadi ketika saya lupa saya bisa membaca atau mengingatnya kembali dengan membuka blog saya. Di blog saya yang dulu ada banyak tutorial yang sudah saya praktekkan dan berhasil dan saya tulis ulang malah ikut terhapus juga.

Bukan itu saja tulisan pengalaman atau tulisan lainnya juga ikut terhapus Padahal ada beberapa tulisan saya yang waktu itu keren tapi sudah saya hapus. Untuk menulis ulang kembali butuh inspirasi yang tidak sama kala itu.

Dengan blog baru ini saya ingin mendokumentasaikan tulisan-tulisan saya agar bisa dibaca sewaktu waktu dan mengingatkan saya kembali pristiwa pristiwa yang ada.

Ada beberapa blogger yang pindah dari blog ke youtube. karena membuat video lebih praktis dari pada membuat tulisan. minat membaca dengan minat menonton lebih besar minat menonton. Selain itu Jasa iklan atau endorse lebih diminati dengan menyajikan video dari pada sebuah tulisan diblog. Gampang diaksesnya jaringan internet tidak lagi menjadi kendala untuk mengakses video tidak seperti dulu.

Meski demikian blog memiliki pasarnya masing-masing, keunggulan dari blog ini biasanya pembacanya adalah blogger juga. atau mereka yang ingin belajar dan mencari referensi tentang blog. dan juga biasanya pembaca blog juga memiliki web / blog.

Jadi secara tidak langsung komentar diblog biasanya sesama blogger mereka adalah orang yang mau belajar. Dan banyak blogger yang berbagi ilmu dengan tulisan-tulisan nya.

Berbeda dengan youtube komentar di youtube biasanya selalu diramaikan dengan komentar pro kontra saling menghujat. Bahkan judul postingan video sengaja dibuat sedemikian rupa sehingga orang terpancing untuk beragumentasi atau bahkan sengaja dibuat sedemikian gaduh.

Meskipun sekarang juga masih adanya blog penipuan semacam SMS Undian Penipuan yang diarahkan pada sebuah website. Dulu banyaknya blog yang berkonten pornografi sekarang sudah sedikit banyak diredam oleh pemerintah dengan memblock website atau blog yang dianggap bermasalah menyalahi undang-undang.

Keberadaan video di youtube yang menyajikan konten tidak sesuai dengan norma ketimuran sering kali dikritik oleh sesama youtuber. Bahkan ada beberapa youtuber yang sengaja menyebut dengan istilah konten sampah.

Tujuannya agar para youtuber didorong memberika influence yang positif kepada masyarakat. Jangan justru perkembangan kemajuan Informasi dan teknologi ini malah merusak tatanan bermasyarakat.

Blog dan Vlog

Baik Blog maupun Vlog memiliki sisi positif dan negatif, memiliki pasarnya sendiri. Memilih Blog bukan berarti ketinggalan atau tidak mau berubah ke layanan Digital. Blog tidak lah ketinggalan jaman, atau merasa mundur beberapa tahun kebelakang dikarena sekarang era digital.

Blog dan Vlog memiliki keistimewaan masing-masing. Jangan mempertentangkan Blog dan Vlog. akan lebih baik ketika mengintegrasikan antara Blog dan Vlog untuk mengekspresikan pemikiran, ide, gagasannya baik melalui blog atau Vlog atau menggabungkannya. Karena blog sekarang memiliki banyak kemajuan seperti template blog yang responsive dan friendly.

Jangan mempertentangkan Blog dan Vlog. akan lebih baik ketika mengintegrasikan antara Blog dan Vlog untuk mengekspresikan pemikiran, ide, gagasannya. 

Perbedaan Blog dan Vlog (Youtube):

  1. Blog berbentuk tulisan, Vlog berbentuk Video
  2. Blog tidak membutuhkan alat kamera, Vlog Membuthkan kamera video. 
  3. Blog harus bisa menceritakan dan menjelaskan dengan tulisan, Vlog bercerita melalui ucapan dan Visual serta backsound (Musik latar)
  4. Blog indonesia biasanya menyapa dengan "gan". Vlog menggunakan kata "gaes ". (Nomer 4 mohon dikoreksi kalau salah)
  5. Dll.

Tetap semangat, Terima kasih.

4 Comments

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

- taufiknh.my.id -

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال