Membuat Tombol Reaksi Sharethis di Blog

Membuat Tombol Reaksi Sharethis di Blog. Tombol reaksi dengan menggunakan sharethis caranya cukup mudah. Selain itu, tombol ini keren dengan gambar emotionnya yang bisa diatur besar kecil juga bisa diatur jumlah reaksi emotion nya. Jika kalian tidak menginginkan tombol reaksi marah maka dapat dihilangkan angry emotion warna merah.

Tombol reaksi sharethis ini dapat mempercantik tampilan blog kalian. blog kalian akan terlihat keren karena fitur yang lengkap. juga akan memberikan kesan komunikatif terhadap pembaca. Pengunjung blog bisa menilai dan menandakan reaksinya setelah membaca postingan kalian.

Tombol reaksi ini juga berfungsi sebagai cara/alat poling terhadap suatu postingan yang ada pada blog kalian. Selain itu menggambarkan ekspresi pembacanya setelah membaca postingan kalian.

Bukan hanya itu saja tombol reaksi sharethis ini juga dilengkapi dengan tombol share. Sesuai dengan namanya fitur share ini terbilang cukup lengkap. seperti share whatsapp, facebook, pinterest, email, google plus, SMS, dan masih banyak lagi tombol share yang bisa ditambahkan di postingan kalian.

Sharethis juga dilengkapi dengan sticky share button, yaitu letak tombol share melayang. Tombol sticky share button ini dilengkap dengan pengaturan versi desktop dan mobile. Jadi ketika kalian menginginkan sticky share button hanya ada pada versi desktop saja maka anda dapat mengaktifkannya di pengaturan. kalau ingin sticky button ini tampil di kedua versi baik desktop maupun mobile dapat juga di setting.

Masih banyak fitur sharethis yang bisa kalian manfaatkan untuk menambah tampilan blog kalian menjadi keren dan juga cara memasangnyapun cukup mudah.
Membuat Tombol Reaksi Sharethis di Blog

Langkah dan Cara Membuat Tombol Reaksi Sharethis di Blog: 

Silahkan kalian menuju website sharethis terlebih dahulu untuk membuat acount share this dan mendapatkan kode html untuk dipasangkan di blog kalian.
Alamat website sharethis: https://platform.sharethis.com/sign-up
Kalian isi saja sesuai dengan yang diinginkan diform tersebut sepert:
  1. Nama Email
  2. Password yang diinginkan
  3. Alamat website / blog kalian
Selanjutnya centang kotak kecil, sebagai tanda kalian menyetujui syarat dan ketentuan jika menggunakan fitur ini. Lalu klik tombol hijau yang bertuliskan Get Started - It's Free. Klik saja dan tunggu sampai muncul atau masuk ke menu pengaturan dari sharethis nya.

Perhatikan gambar dibawah ini:
 Silahkan copy kodenya lalu simpan ditemplate blog kalian. Seperti biasa login di blog dan pilih tema dan pilih edit HTML. cari </body> dan simpan diatasnya:

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;index&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;archive&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;error_page&quot;'>
<script async='async' src='//platform-api.sharethis.com/js/sharethis.js#property=5c702889890d5f0011e4f6cb&amp;product=inline-share-buttons' type='text/javascript'/>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
Simpan kodenya dan perhatikan &amp yang terletak sebelum ID sharethis. silahkan tambahkan tanda &amp. lalu simpan

langkah selanjutnya memasangkan kode
 
Kembali ke web sharethis, silahkan kalian perhatikan menu di sebelah kiri yang berwarna hitam. disana terdapat tulisan reaction button urutan ke empat. setelah di klik maka akan tampak reaction button.

Silahkan atur jumlah reaksi dan pilih reaksi mana saja yang ingin kalian masukkan. Untuk postingan blog disarankan untuk menonaktifkan reaction marah yang berwarna merah. Tapi terserah kalian juga bila ingin menyertakan semuanya.

Silahkan pilih pada tanda panah nomor dua untuk mengatur reaksi mana saja yang akan ditampilkan pada postingan blog kalian.

Dan jangan lupa untuk mengaktifkannya dengan menggeser off menjadi on. Perhatikan tanda panah nomor 4. Kalian cukup mengkliknya saja sampai bergeser dan berubah warna menjadi hijau. itu tandanya button reaction aktif dan berfungsi. 

Baca juga: Cara membuat sitemap di blogspot keren.

Langkah selanjutnya adalah meng-copy kode tersebut silahkan klik saja button yang ditunjukkan tanda panah nomor 3. kode tersebut bertuliskan seperti di bawah ini:

<div class="sharethis-inline-reaction-buttons"></div>

Setelah dicopy lalu kembali ke halaman blog kalian ke template HTML. kode diatas adalah kode untuk memanggil reaction button. kode ini akan menentukan dimana anda menginginkan reaction button itu muncul. Simpan kode tersebut di bawah:

<data:post.body/>

Biasanya kode tersebut tergantung dari template yang digunakan masing-masing jadi kalian bisa coba satu persatu menempatkan kode share this. sampai dengan sesuai yang diharapkan. jika kalian mengalami kebingungan kalian dapat mengikuti tips berikut.

Silahkan cari patokan dibawah postingan kalian terdapat kolom komentar tergantung template. misalnya maka klik kana pada kolom komentar dan pilih inspeksi elemen. cari kodenya di edit html.
Dan letakkan kode share this tersebut diatas komentar dan dibawah
<data:post.body/>

Silahkan dicoba jika ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar.
Semoga tuliisan ini bermanfaat. saya sudah mencobanya berhasil. keren untuk melengkapi fitur blog kalian agar terlihat wow. seperti web berita online.

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

- taufiknh.my.id -

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال