Website blog my id populer dimesin pencarian

Website/blog dengan domain .my.id. Siapa yang tidak ingin blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari google. bagaimana kita seharusnya memilih domain untuk blog. Dengan budget low, kita tetap bisa berkreasi dan keren dengan nama domain sendiri.

Tulisan ini berdasarkan pengalaman boleh juga tidak dijadikan referensi. berkaitan dengan judul postingan kali ini, domain .my.id tentunya memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Jarak membeli domain ini dengan menulis postingan ini kurang lebih 3 hari. Sehingga pengalaman saya bukan mewakili penilaian secara keseluruhan.

Jarak membeli domain ini dengan menulis postingan ini kurang lebih 3 hari. Sehingga pengalaman saya bukan mewakili penilaian secara keseluruhan.

Berawal dari kurangnya anggaran saya, dan semakin kuatnya keinginan saya memiliki domain sendiri. Saya pun mencari-cari informasi mengenai domain yang murah dan sesuai dengan anggaran yang saya miliki. Berdasarkan penelusuran google saya mengalami kesulitan mencari penjelasan mengenai domain my.id ini.

Sebelumnya saya melakukan pencarian menuju layanan penjual hosting dan domain terpercaya di Indonesia. Dari sana saya bisa melihat harga untuk masing-masing domain. Terlihat angka yang begitu relatif murah untuk satu tahun, diantaranya .web.id dan my.id.

Saat itu tidak begitu banyak penjelasan mengenai web.id dan my.id yang saya tertarik adalah domain yang berakhiran .id menandakan Indonesia banget. Memang sejak dulu saya berusaha untuk mencintai produk indonesia sehingga saya semakin kuat menentukan pilihan. selain itu berdasarkan beberapa tulisan yang berakhiran .id mempunyai keunggulan cepat jika di akses karena berada di indonesia saya belum begitu faham. sederharnanya .id pengelolaannya ada di indonesia jadi lebih cepat dan mudah jika di aksesnya kurang lebih seperti itu.

Memang sejak dulu saya berusaha untuk mencintai produk indonesia sehingga saya semakin kuat menentukan pilihan

Alasan itu lah yang menguatkan saya memilih berdasarkan beberapa pertimbangan:
1. Harga yang relatif murah
2. Mempunyai keunggulan kecepatan ketika diakses karena berada di Indonesia.
3. Cinta produk indonesia.

Saat itu pula saya bingung antara memilih web.id dengan my.id setelah saya bertanya kepada customer service dan juga menulis komentar di pemilik web.id (blog yang menggunakan web.id) dan bertanya pada yang sudah memiliki my.id mereka relatif mengatakan sama saja. maka saya semakin bingung. Dalam hati saya meyakini ada perbedaan yang signifikan terhadap 2 domain ini. dan saya harus menemukan letak perbedaannya dimana.

Sehingga saya mengambil kesimpulan kalau web.id sama seperti .com kalau .my.id sama seperti .id dengan kelas yang berbeda tentunya (low class).  Mungkin penjelasan saya agak ngawur tapi itulah yang terlintas dalam pikiran saya. karena nama domain saya diperuntukkan untuk blog tulisan biasa dan menggunakan nama panggilan maka saya memutuskan .my.id yang saya pilih. karena dianggap mewakili pribadi seperti blog seperti pada .id kelas high nya.

Saya pun membeli dengan nama domain yang sekarang taufiknh.my.id saya tidak membeli hosting karena menggunakan blogspot jadi benar-benar murah modal kecil. Akhirnya saya senang bisa memiliki blog domain sendiri www.taufiknh.my.id.

Saya masih ingat membeli domain ini malam hari, prosesnya cepat tidak sampai 15 menit dengan mengirim syarat scan KTP domain sudah aktif. malam Itu saya langsung mensetting pengaturan custom di blogspot. perubahan dari blogspot ke domain custom membutuhkan waktu mengingat saat itu waktu sudah tengah malam maka saya memutuskan untuk tidur dikarenakan sudah larut malam dan mata mengantuk.

Keesokan harinya saya kembali nyalakan komputer. saya konekkan modem dan saya lihat blog saya taufiknh.my.id sudah bisa diakses. blogspot saya sudah berganti menjadi https://www.taufiknh.my.id

Saya menulis satu persatu postingan agar memenuhi blog saya dengan beberapa judul postingan. saya buka edit html mengaitkan google memverifikasi blog saya dengan webmaster dan google analytic. pengaturan sitemap di webmaster. tak ketinggalan pula pengaturan facebook agat terintegrasi.

Kebahagiaan saya yang semalam menurun karena blog saya tidak ditemukan oleh mesin pecari google. saya hanya bisa menulis alamat blog saya tanpa banyak menampilkan yang lain di mesin pencari google. Namun begitu saya amati di mesin pencari google blog dengan domain my.id ini memang sangat sedikit yang tampil di mesin pencari google. semua di dominasi oleh domain .com saya coba iseng berapa presentase antara domain .com dengan .id ternyata domain .com menguasai mesin pencarian google. saya penasaran dengan web.id ternyata web.id lebih banyak yang menggunakan dibandingkan dengan my.id.

Seperti dalam pemikiran saya mungkin web.id sama dengan .com hanya saja web.id low class. kalau .id sama dengan my.id tapi juga berbeda kelas. atau mungkin saja web.id banyak yang menggunakan karena domain web.id ini harganya yang murah dan sedang ada promo.

Namun saya tidak berkecil hati saya memilih my,id dibandingkan web.id karena saya suka dengan penampilan kata my.id meski ada promo web.id saya kurang tertarik. pernah terlintas dalam pikiran saya apakah saya salah membeli ekstension domain ini kenapa tidak membeli yang web.id. saja. pikiran itu saya coba cari jawaban yang bisa meyakini diri sendiri bahwa saya tidak menyesal membeli domain my.id.

Alasannya adalah karena saya memilih nama saya sebagai domain maka saya memilih .my.id. berbeda ketika saya mengambil bukan nama saya semisalnya saya akan membuat blog untuk membahas omputer atau game saya akan memilih domain dengan ekstension web.id. sebagai contah misal www.bermaingame.web.id atau www.memasakjengkol.web.id. karena saya memilih nama sendiri maka saya tidak salah membeli untuk jenis .my.id. dan saya pun semakin mantap dengan pilihan www.taufiknh.my.id.

Permasalahan yang ada dipikiran seperti itu pun akhirnya terselesaikan. saya mendapatkan jawaban yang cukup puas. masalah berikutnya adalah bagaimana menampilkan domain ini agar mudah ditemukan oleh mesin pencari google.

Semua harus melalui proses. sama seperti perpindahan dari blogspot ke domain custom membutuhkan proses. Proses itu beragam caranya dan menyikapinya.

Tulisan ini akan ada kelanjutannya, pastinya seru.

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

- taufiknh.my.id -

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال