Tradisi Menyambut Hari Raya Idul Fitri Masyarakat Muslim Indonesia


Tradisi Menyambut Hari Raya Idul Fitri Masyarakat Muslim Indonesia.
Tradisi Menyambut Hari Raya Idul Fitri Masyarakat Muslim Indonesia. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh maghfirah. Dibulan ini, seluruh umat muslim di dunia menjalankan perintah puasa termasuk di Indonesia. perhitungan bulan Ramadhan didasarkan pada sistem penanggalan qamariyah atau hijriyah.

Beragam aktivitas yang khas umat muslim di Indonesia. Mulai dengan menyambut datangnya bulan suci ramadhan, mengisi kegiatan selama bulan suci ramadhan dan menyambut hari raya Idul fitri di penghujung Bulan suci ramadhan.

Tradisi khas di Indonesia salah satunya munggahan, ngabuburit, dan mudik. Masyarakat indonesia sangat antusias menyambut bulan suci ramadhan. Beragam kegiatan dapat dijumpai sepanjang jalan selama bulan suci ramadhan. seperti kuliner , kegiatan sosial, pengajian, wisata ngabuburit yang bersifat domestik.

Seminggu diakhir bulan ramadhan ada kebiasaan unik yang positif yang terjadi hanya dikalangan umat muslim indonesia yaitu Mudik. Mudik bisa diartikan sebagai pulang kampung. mereka yang selama ini bekerja dikota akan pulang ke kampung halamannya. Tempat kelahirannya atau tempat tinggal orang tua.

Baca Juga: Nonton TV streaming Live dari Sepak bola sampai debat presiden 2019.

Begitu masifnya pulang ke kampung halaman menjelang hari raya idul fitri ini. sehingga  setiap tahun pemerintah selalu mengantisipasi dengan berbagai cara untuk memperlancar arus lalu lintas supaya pemudik bisa dengan selamat sampai tujuan, ke kampung halaman untuk menjumpai orang tua keluarga sanak famili.

Tidak sedikit  mereka yang mudik berombongan, adakalanya perusahaan tempat mereka bekerja memfasilitasi transportasi mudik bareng. atau komunitas melakukan mudik dengan cara konvoi banyak ragam yang mudah dijumpai menjelang Hari raya idul fitri. Mereka yang mudik jika kita perhatikan ada yang konyol membuat kita tersenyum-senyum di dalam hati, cerita kocak, haru bahagia dan ada pula cerita yang tragis.

Begitulah masyarakat indonesia dengan keindonesiaan dan keberagamannya tetap satu dan mempersatukan, saling membantu satu sama lain. Mudah-mudahan kita dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan di tahun ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tradisi Menyambut Hari Raya Idul Fitri Masyarakat Muslim Indonesia"

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

1. Berikan centang pada kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Jika Anda sengaja menambahkan link saat komentar akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

- taufiknh.my.id -

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel